7 Cara Ampuh Mengatasi Komputer Lemot Dengan Mudah


Cara Mengatasi Komputer Lemot - Komputer memang telah menjadi salah satu kebutuhan utama pada jaman sekarang khususnya bagi mereka yang memang diharuskan selalu berhadapan dengan komputer misalkan pekerja kantoran, programer dan juga gamer. Ya tidak berbeda jauh dari alat elektrinik lainnya, komputer biasanya akan berkurang kinerjanya setelah dipakai beberapa tahun.

Ada beberapa hal yang menjadi penyebab komputer lemot yaitu karena terlalu banyak file, terinfeksi virus, dan software yang tidak terpakai. Hal ini dapat di lakukan agar komputer tidak ngelag.

Oleh karena itu kami akan meberikan beberapa cara mengatasi komputer lemot baik itu untuk Windows XP, Windows 7, Windows 8 maupun Windows 10.

Berikut cara mengatasi komputer lemot

  1. Coba Cek Hard Disk.
  2. Perhatikan dengan seksama hardDisk yang terdapat pada komputer kita,apakah Hard Disk yang kita miliki terdefragmentasi atau tidak.

    Hard Disk yang terdefragmentasi merupakan salah satu penyebab lemotnya komputer kita karena hal ini dapat menyebabkan proses pembacaan data dari partisi hard disk tersebut menjadi lambat. Sehingga membuat Komputer kita menjadi lemot/lag.

    Ini 5 Faktor Pemicu Lemotnya Komputer


    Nah Untuk mengatasinya, kita harus melakukan defragmentasi Hard Disk setidaknya satu atau dua minggu sekali.

    Buka menu Start => All Program => Accesories => System Tool => Disk Defragmenter "klik" partisi disk yang akan kita defrag, lalu klik Defragment Disk.

    Secara otomatis, system akan melakukan analisis sebelum mendefrag partisi hardisk yang kita pilih, namun jika kita ingin mengetahui terlebih dahulu, apakah partisi tersebut perlu di defrag atau tidak, klik Analyze Disk.

    Dan jangan lupa buatlah penjadwalan defragmentasi Hard Disk kita.

  3. Startup.
  4. Lemotnya loading komputer, akan sangat di pengaruhi oleh banyaknya program startup, semakin banyak program akan semakin memperlama loading komputer. Dengan banyaknya aplikasi yang berjalan saat start-up.

    RAM kita akan bekerja ekstra keras untuk mengalokasikan seluruh ruang yang dimilikinya pada aplikasi yang berjalan saat start-up tersebut sehingga, tentu saja hal tersebut akan membuat RAM sangat terbebani.

    Ini 5 Faktor Pemicu Lemotnya Komputer


    Oleh karena hal itulah program startup di PC Anda harus dibatasi, karena jika terlalu banyak akan membuat PC kita menjadi lemot. Berikut cara mengurangi program startup di Windows:

    • Klik Start lalu cari Run atau kita bisa menekan Win + R

    • Ketik msconfig lalu tekan enter

    • Pilih Tab Startup

    • Lalu hapus checklist pada program yang tidak ingin Anda jalankan pada saat startup.

    • Kita bisa memilih opsi disable all untuk men-unchek semua program, tapi ini tidak disarankan untuk dilakuan.


    Beberapa program misalnya antivirus, sebaiknya dijalankan saat startup.

  5. Cek RAM Komputer.
  6. Random Acces Memory (RAM) merupakan sebuah penyimpanan data sementara dan tugasnya menyimpan data/ intruksi dari processor.Ini lah yang menjadikan RAM sangat berperan penting saat menjalankan suatu program.Seperti yang di sebutkan di atas jika terlalu banyak aplikasi yang kita miliki maka akan menghambat kerja dari RAM itu senditi sendiri.

    Ini 5 Faktor Pemicu Lemotnya Komputer


    Dengan mengupgrade atau menambah kapasitas RAM pada komputer kita adalah salah satu cara paling mudah.

  7. Virus/ Malware/ Spyware .
  8. Jika komputer terserang virus/ malware/ spyware, selain komputer menjadi lambat juga berpotensi merusak data-data yang tersimpan dalam komputer hingga mengancam privasi kita jika kita menggunakannya untuk berselancar di dunia maya.

    Untuk mengatasi masalah Virus ini sendiri, kita bisa menggunakan beberapa anti-virus dengan reputasi bagus seperti BitDefender, Avast, F-Secure dan masih banyak lagi.

    Ini 5 Faktor Pemicu Lemotnya Komputer


    Nah untuk mengatasi masalah Virus ini sendiri, kita bisa menggunakan beberapa anti-virus dengan reputasi bagus seperti BitDefender, Avast, F-Secure dan masih banyak lagi. Pastikan kalian hanya menggunakan satu jenis anti virus saja ya.

  9. Cek Disk Error .
  10. Disk error dipastikan dapat membuat komputer Anda menjadi lemot. Hal ini biasanya disebabkan oleh berbagai hal seperti komputer mati tiba-tiba saat mati lampu, data korup, dan software korup.

    Oleh karena itu, Anda harus rajin-rajin mengecek disk error pada komputer Anda.

    Berikut cara mengecek disk error pada komputer :
    • Klik "Start" lalu klik "Computer" atau "My Computer".

    • Klik kanan pada salah satu partisi harddisk.

    • Pilih "Properties" lalu pilih "Tool".

    • Klik "Check Now".





  11. Bersihkan komputer Anda .
  12. Penyebab lain dari komputer lemot adalah keadaan HardDisk komputer yang kotor. Yang di sebebabkan oleh debu debu yang menutupi hardware pada komputer Anda terutama pada bagian kipas yang akan menyebabkan hardware menjadi lebih cepat panas.

    Untuk itu, Anda harus membersihkan komputer Anda. Lakukanlah secara berkala agar performa komputer selalu terjaga dan tentu saja bersih.

  13. Install Ulang .
  14. Cara yang satu ini merupakan cara paling jitu jika setelah Anda melakukan 6 cara di atas dan komputer Anda masih tetap lemot. Mau tidak mau, Anda harus menginstal ulang komputer Anda. Eitss, sebelum itu backup terlebih dahulu semua data-data penting di komputer Anda.



Oke Sepertinya cukup sekian informasi tentang pemicu lemotnya komputer dari KetStar,Nantikan informasi selanjutnya ya. Semoga Bermanfaat.

Show comments
Hide comments

5 Responses to "7 Cara Ampuh Mengatasi Komputer Lemot Dengan Mudah"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel