7 Negara Yang Memiliki Keturunan Serta Hubungan Sejarah Dengan Indonesia


Negara Yang Memiliki Keturunan Dan Sejarah Dengan Indonesia - Indonesia dikenal sebagai negara yang memiliki berbagai macam suku bangsa mulai dari jawa, padang, melayu, batak, hingga papua. Indonesia juga memiliki sejarah yang begitu panjang yang bermula pada zaman prasejarah dan kerajaan yang hingga kini menjadi negara kesatuan Republik Indonesia.

Sejarah Indonesia meliputi sebuah rentang waktu yang sangat panjang di mulai saat zaman pra sejarah berdasarkan sebuah penemuan manusia jawa yang berusia 1,7 juta tahun yang lalu. Sejarah juga mencatat bahwa ada beberapa negara yang erat kaitannya dengan Indonesia baik dari zaman ribuan tahun silam hingga saat ini. Kita tak menyangka bahwa indonesia memiliki keterkaitan dengan negara lain yang letaknya jauh dari negara Indonesia.

Sulit di percaya bukan kalau Indonesia memiliki keterkaitan dengan negara lain yang posisi negaranya begitu jauh. jadi, negara mana sajakah itu, berikut 7 negara yang bersejarah dengan Indonesia.

Negara Yang Memiliki Hubungan Sejarah Dengan Indonesia

Berikut inilah dia daftar negara yang memiliki keturunan serta hubungan sejarah dengan Indonesia.
  1. Suriname


  2. Hubungan Indonesia dengan suriname bisa di bilang adalah hubungan kakak adik. Ini karena sebagian penduduk suriname berasal dari penduduk Indonesia terlahir dari rahim yang sama yakni rahim ibu pertiwi sayangnya kita harus berpisah karena keadaan. Sama seperti Indonesia sebelum akhir abad ke tujuh belas suriname di perebutkan oleh negara negara eropa hingga pada akhir abad ke tujuh belas negara ini berada di bawah kekuasaan belanda.

    Pada 1890 pemerintah kolonial belanda memberlakukan kebijakan untuk memigrasikan penduduk Indonesia khususnya orang jawa ke suriname dan jumlah penduduk yang dibawa ke suriname mencapai ribuan orang. Pada sensus 1990 jumlah tersebut mencapai mencapai 140.000 an orang. Selain sejarah penduduknya dari segi sejarah ada lagi kesamaan yang tidak sengaja antara Indonesia dengan suriname yakni kondisi geografisnya.

    Indonesia sebagai negara beriklim tropis dengan suhu rata-rata 24 hingga 35 derajat celcius sepanjang tahun. Sama dengan suriname Negara ini merupakan negara beriklim tropis dengan suhu 29 hingga 34 derajat celcius dengan dua musim kemarau dan penghujan. Tak heran mengapa orang Indonesia tidak mengalami kesulitan beradaptasi ketika tinggal di suriname.

    Orang jawa yang migrasi ke suriname konsisten menggunakan bahasa jawa sebagai wujud pelestarian budaya. Hingga sekarang bahasa jawa masih di gunakan sebagai bahasa percakapan sehari hari dan termasuk salah satu bahasa yang paling banyak di gunakan. Dari segi politik sendiri ada salah satu warga suriname asal banyumas bernama Raeoman sapun sempat mencalonkan diri menjadi presiden disana.

  3. Madagaskar


  4. Tahukah Anda jika Madagascar kental akan nuansa nusantara. Ilmuwan bahkan memperkirakan negara kepulauan ini di temukan oleh seorang perempuan Indonesia. Menurut catatan sejarah pulau Madagascar pertama kali di huni oleh pendatang asal Indonesia yang di yakini berlayar sejauh 8 ribu kilometer dari kalimantan dan sulawesi.

    Ilmuwan memang belum menemukan bukti fisik kecuali hasi uji mitokondria DNA dia mengungkap garis keturunan penduduk Madagascar berasal dari Indonesia. Tiga tahun lalu peneliti universitas meise selandia baru menganalisa DNA milik 266 orang disana dalam kelompok tersebut mereka menemukan fakta 22 persen memiliki tanda genetik orang Indonesia. Jika sampel DNA ini benar di perkirakan ada sekitar 30 perempuan Indonesia yang ikut membentuk populasi awal di Madagascar.

    Bukti lainnya pengaruh nusantara di Madagascar bisa ditemui pada sektor pertanian yang banyak menggunakan metode dan teknologi yang serupa dengan Indonesia. Menurut catatan sejarah pendatang baru ini mulai menanami padi dan talas di dataran tinggi Madagascar sejak abad ke enam. Selain itu tidak seperti rumah tradisional afrika pada umumnya yang berbentuk bulat kediaman penduduk asli Madagascar lebih menyerupai suku suku di asia tenggara yakni berbentuk kotak dengan atap segitiga.

    Berbeda dengan penduduk afrika lainnya yang menyukai pakaian yang terbuat dari kulit binatang, penduduk asli Madagascar lebih suka menggunakan serat tanaman untuk di jadikan pakaian sehari hari. Kendati dikuasai oleh bahasa perancis penduduk Madagascar masih memelihara bahasa sendiri yakni bahasa malagasi yang masih termasuk rumpun bahasa melayu polinesia. Didalamnya terkandung pengaruh bahasa lokal di Indonesia yakni barito timur, jawa, dan melayu. Nasi juga menjadi makanan pokok penduduk Madagascar.

  5. Hawaii


  6. Tidak banyak yang tahu hubungan erat antara Indonesia dengan Hawaii khususnya jawa. Padahal menurut George Armitage dalam "A Brief History Of Hawaii" ada hubungan khusus antara dua tempat yang berjarak 14 jam perjalanan udara ini. Pertanyaan muncul mengenai asal usul orang hawaii dari mana datangnya para penghuni pulau yang berada jauh di benua amerika jauh dari asia maupun australia itu.

    Salah satu versi menyatakan bahwa asal mula orang hawai haruslah dari peradaban yang sesuai untuk bertahan hidup dalam keterbatasan alam hawaii. Salah satu jawaban paling masuk akal adalah orang India atau bagian lain dari sisi selatan benua asia. Dugaan ini di dukung adanya nama nama khas Hawaii seperti OAHU konon juga masih di temukan di india timur.

    Lalu dari mana asal nama Hawaii? masih menurut versi yang sama Hawaii berasal dari kata jawaii yang berarti jawa kecil disinilah kita menemukan hubungan erat antara jawa dan hawaii.

  7. Malaysia


  8. Ada banyak alasan mengapa Malaysia disebut sebagai negara yang mempunyai hubungan paling dekat dengan Indonesia. Pertama karena kita masih satu RAS atau Serumpun kedua karena faktor hubungan darah hampir sebagian orang Malaysia masih memiliki hubungan darah dengan Indonesia karena nenek moyangnya dahulu kebanyakan berasal dari Indonesia.

    Baik itu suku Minang, suku Bugis, Aceh, Banjar, Jawa, Medan dan suku lainnya. Bahkan perdana menteri kedua malaysia Tun Razak berasal dari keturunan raja Goa Sulawesi jadi jika kita ke Malaysia kita akan menemukan banyak persamaan budaya baik persamaan makanan maupun adat budaya lainnya. Ketiga adalah faktor bahasa, bahasa Indonesia dan bahasa Malaysia memiliki banyak kesamaan.

    Walau menurut orang Malaysia bahasa Indonesia lebih baku daripada bahasa Malaysia tetapi bahasa Indonesia pun di ambil dari suku riau yang masih beretnis melayu. Keempat sama sama mayoritas penduduknya beragama muslim. Kelima karena dahulu kala pada zaman sriwijaya dan majapahit Malaysia dan Indonesia adalah satu nusantara sehingga ikatan sejarah ini masih ada hingga sekarang.

  9. Mesir dan Palestina


  10. Melihat sejarah Indonesia kebelakang proklamasi tidaklah gratis Belanda tetap ingin menguasai Indonesia sehingga berkobar perang dimana mana. Dan Indonesia berjuang bukan hanya dengan senjata namun juga diplomasi menggalang dukungan luar negeri untuk bisa menekan Belanda agar mengurungkan niatnya untuk menguasai kembali bumi pertiwi. Dukungan yang paling nyata itu datang dari dua negara pertama adalah mesir begitu kemerdekaan Indonesia tersebar keluar negeri pemerintah mesir langsung mengirim utusannya di Bombai ke Jogjakarta yang ketika itu merupakan Ibu Kota Indonesia sementara.

    Adalah Muhammad Abdul Mun'im yang begitu berani menembus blokade Belanda beliau menyampaikan dokumen resmi pemerintah Mesir dalam mengakui kemerdekaan RI. Ini pertama kalinya dalam sejarah utusan resmi suatu negara mempertaruhkan nyawanya untuk menyampaikan dukungan kemerdekaan kemudian dukungan Mesir tersebut dilanjutkan dengan perjanjian persahabatan antara Indonesia dan Mesir. Ketika penandatanganan dokumen kerjasama ini di Kairo kedutaan Belanda di Mesir menyerbu masuk kedalam ruangan kerja Perdana Menteri Mesir untuk mengajukan proses.

    Namun bersikeras Mesir mengabaikan protes tersebut, pengakuan Mesir ini terjadi karena kedekatan Tokoh-Tokoh perjuangan RI dengan Tokoh Mesir seperti Agus Salim, Sutan Syahrir, M Nasir dengan Tokoh pergerakan IM dukungan ini di sambut dengan hangat dan bahagia oleh Soekarno. Sedangkan pengakuan yang diberikan oleh rakyat Palestina pun sangat heroik selain mengakui kemerdekaan tanah air, ketika itu pemimpin Palestina Muhammad Ali Taher menyumbangkan seluruh tabungannya untuk memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

  11. Jepang


  12. Sejarah berkata negeri matahari terbit ini pernah menjajah Indonesia selama beberapa tahun namun atas penjajahan ini pula Indonesia dan Jepang memiliki hubungan yang sangat erat. Jepang merupakan negara yang memiliki investasi terbesar di Indonesia. Selain dari itu Jepang merupakan tujuan ekspor terbesar Indonesia , Indonesia menjalin kerjasama dengan Jepang dalam segala hal.

    Kerja sama Indonesia dengan Jepang telah terjalin selama kurang lebih 50 tahun sejak 1958. Diplomasi Indonesia terhadap Jepang adalah salah satu contoh keberhasilan diplomasi yang dilakukan oleh Indonesia. Dengan adanya kerja sama dengan negara maju seperti Jepang sangat menguntungkan bagi negara berkembang seperti Indonesia.

    Begitu pula sebaliknya Jepang juga membutuhkan kerja sama dengan Indonesia untuk mencapai kepentingan negaranya. Kita saling berkerja sama di berbagai sektor untuk memenuhi kepentingan masing masing dan menjaga hubungan baik antar dua negara.

  13. Tiongkok


  14. Sebenarnya Indonesia telah menjalin hubungan dengan Tiongkok sangat lama sebelum negara ini berdiri. Bahkan sejarah telah mencatat Indonesia dan Tiongkok telah menjalin hubungan sejak abad ke 5. Hal inidapat dilihat dari buku Fa Hien yang berjudul "A record of the Buddhist religion as practised in India and the Malay archipelago".

    Berkat ramainya orang orang keturunan Tionghoa yang melakukan perjalanan ke Indonesia menjadikan Indonesia sebagai negara dengan etnis Tionghoa terbesar di Dunia setelah Tiongkok. Saat ini Tiongkok telah menjadi mitra dagang terbesar Indonesia setelah Jepang.

Jadi itulah 7 Negara Yang Memiliki Keturunan Serta Hubungan Sejarah Dengan Indonesia. Layaknya negara dengan sejarah yang begitu panjang dan menarik. Semoga sebagai warga negara yang baik, kita tidak pernah melupakan sejarah Indonesia.

Dan kami ucapkan banyak Terima kasih atas waktu yang telah Anda luangkan.

Show comments
Hide comments

0 Response to "7 Negara Yang Memiliki Keturunan Serta Hubungan Sejarah Dengan Indonesia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel