7 Oleh Oleh Khas Jogja Yang Terkenal Enak Dan Murah


Oleh Oleh Khas Jogja - Jogja adalah sebuah daerah yang berada didalam pulau jawa. Jogja sendiri terkenal akan adat dan budayanya yang begitu kental mulai dari Sekatenan, Sendratari Ramayana hingga Karawitan-nya. Dan terdapat berbagai tempat tempat yang bersejarah seperti candi borobudur, candi prambanan hingga candi ijo. Maka dari itu Jogja sangat cocok untuk di jadikan tujuan liburan kita.

Tetapi kali ini kita tidak akan membicarakan tentang adat dan budaya ataupun tempat wisata bersejarah di Yogyakarta, namun kita akan membahas tentang oleh oleh atau makanan khas dari Jogja.
Nah berbicara tentang makanan khas Jogja tentu tidak akan membuat kita bosan. Karena ada begitu banyak oleh oleh khas Jogja yang terkenal enak dan murah. Apa bila Anda sedang liburan ke Jogja sempatkanlah waktu Anda untuk mencicipi atau membawa pulang jajanan khas Jogja yang sudah sangat terkenal dan tentu saja enak.

Makanan Khas Jogja Paling Terkenal

Nah berikut ini adalah daftar Oleh Oleh Khas Jogja Yang Terkenal Enak Dan Murah.
  1. Bakpia


  2. Jogja sangat terkenal dengan olahan khas bakpia, memang kurang lengkap jika Anda berkunjung ke Jogja tanpa mencicipi jajanan yang memiliki tekstur lembut dan berkulit tipis ini. Makanan yang berisikan olahan kacang ijo ini memang sangat mudah di temukan di tempat tempat wisata yang ada di Jogja.

    Namun dengan berkembangnya jaman isian dari bakpia tidak hanya kacang ijo saja, sekarang terdapat berbagai macam jenis isian dari bakpia mulai dari isian strawberry, isian coklat, bahkan hinggan diisi dengan durian. Di Jogja sendiri ada banyak merek bakpia yang paling terkenal dan tentu saja rasanya pun nikmat.

    Yang pertama ada Bakpia Jogja Merlino yang menyajikan berbagai jenis isian bakpia seperti ubi ungu, cokelat, keju hingga susu bahkan ada yang isian cappuchino dan green tea yang sampai sekarang menjadi isian terlaris. Harganya sendiri terbilang cukup murah berkisar dari Rp. 40.000 hingga Rp. 42.500 perkotak, dan terdapat 20 biji bakpia 1 kotaknya.

    Selanjutnya ada Bakpia Jogja Kurnia Sari yang memiliki ukuran terbilang besar dan menyajikan varian rasa isian seperti mete coklat, tiramisu, dan juga durian susu dan masih banyak varian lainnya. Harganya sendiri berkisar Rp. 44.000 hingga Rp. 54.000 per satu kotaknya.

  3. Gudeg


  4. Ya siapa yang tak kenal dengan jenis makanan khas Jogja yang satu ini. Ya Gudeg, makanan yang menjadi sebutan dari kota Yogyakarta ini memang sudah sangat terkenal mulai dari sabang hingga marauke sebagai makanan khas Yogyakarta yang memiliki cita rasa lezat. Tidak sedikit juga orang yang mengatakan kalau berkunjung ke kota ini belum lengkap jika tidak mencicipi makanan yang lezat satu ini.

    Gudeg sendiri terdiri dari dua jenis, ada Gudeg basah dan juga ada Gudeg kering. Nah jika Anda ingin menjadikan gudeg menjadi salah satu oleh oleh untuk di bawa pulang Anda bisa memilih jenis gudeg kering yang dapat Anda temukan dengan mudah. Tidak ada bedanya antara gudeg kering ataupun basah selain dari proses memasaknya yang memakan waktu lebih lama dan rasanya yang sedikit lebih manis. Pada umumnya gudeg kering dapat bertahan selama 3 hari, untuk penyimpanannya sendiri lebih baik Anda menyimpannya di dalam lemari pendingin.

    Refrensi tempat penjual gudeg kering ini adalah Gudeg kering Yu Djum yang dapat Anda jumpai di kawasan jl.kaliurang 5, Yogyakarta. Disini Anda dapat menyantap langsung di tempat ataupun membawa pulang sebagai oleh oleh khas Jogja. Untuk harganya sendiri dihargai berkisar Rp150 rb hingga Rp200 rb untuk satu porsi khusus dan tentu saja akan bertahan cukup lama.

  5. Yanko


  6. Ini satu lagi jajanan khas Jogja, ya Yanko namanya. Makanan yang memiliki bentuk kotak ini terbuat dari olahan tepung ketan dan dibaluri tepung terigu. Yanko memiliki tekstur yang kenyal dan akan terasa lembut ketika di dalam mulut dan juga aroma yang khas dengan rasa yang dominan manis.

    Terdapat juga isian didalam makanan yang satu ini mulai dari kacang hingga gula. Namun banyak para penjual Yanko yang mencoba variasi isian lainnya seperti rasa strawberry, nangka, coklat, melon hingga durian. Jajanan yang satu ini dapat di temui di kawasan Jl. Mataram, Jl. Gadjahmadha maupun pusat oleh-oleh lainnya yang terdapat di Jogja.

  7. Geplak


  8. Oleh Oleh Khas Jogja Yang Terkenal Enak Dan Murah selanjutnya adalah Geplak. Geplak sendiri terbuat dari bahan dasar kelapa dan gula yang di percantik dengan pewarna makanan yang memiliki aroma khas. Warna yang sering digunakan dalam pembuatan Geplak merupakan warna warna yang mencolok seperti warna merah, hijau, kuning maupun coklat. Makanan yang memiliki rasa dominan manis ini memiliki varian rasa seperti coklat, durian, nangka, vanila dan masih banyak lainnya.

    Bentuknya yang bulat membuat makanan ini sangat nikmat apabila digigit akan terasa sensai lembut dan tentu saja manis. Di Jogja sendiri terdapat produsen Geplak yang sangat terkenal tepatnya di daerah Bantul. Geplak Mbok Tumpuk itulah salah satu produsen yang terdapat di Bantul yang dapat Anda temui di kawasan Jl. KH. A. wahid Hasyim No. 104, Yogyakarta.

  9. Thiwul


  10. Pada dasarnya Thiwul merupakan salah satu makanan pokok masyarakat GunungKidul, namun kini posisinya sudah tergantikan dengan makanan pokok lainnya. Salah seorang penjual Thiwul yang terkenal hingga saat ini adalah Mbok Tumirah yang sudah berjualan selama 28 tahun sejak dari tahun 1985. Yu Tum panggilan akrabnya kala menjual Thiwul sudah berumur hampir 80 tahun awalnya ia hanya penjual thiwul keliling namun sekarang sudah memiliki 3 gerai yang di kelola oleh menantunya.

    Yu Tum sendiri memiliki gerai atau dapur utama yang terletak disebelah balai desa Wonosari tepatnya di Jl. Pramuka No. 36. Dan letak dari cabang lainnya berada di Jl. Baron Km 4, Dan di Jl. Wonosari-Jogja Km 3,5. Yang membuat Thiwul Yu Tum begitu istimewa adalah tumbukan gapleknya yang halus dan apabila di masak hingga tanak akan terasa begitu lembut saat di gigit. Sebenarnya ada berbagai varian rasa toping dari Thiwul ini mulai dari rasa coklat hingga rasa keju. Tergantung Anda ingin mencicipi yang mana.

  11. Cokelat Monggo


  12. Cokelat Monggo didirikan oleh pria berkebangsaan Belgia karena kecewa dengan rasa coklat yang biasa saja yang bernama Thierry Detournay dan mendirikan CV. Anugerah Mulia yang berkutak pada bidak produksi cokelat. Dan kemudian lahirlah Cokelat Monggo ini, yang di ambil dari kata "Monggo" yang berarti "silahkan" dalam bahasa Indonesia. Keunikan dari Cokelat Monggo ini adalah bersertifikat FSC yang memiliki kemasan daur ulang dengan ragam gambar khas Indonesia seperti batik.

    Jika Anda tertarik membawa pulang oleh oleh khas Jogja yang satu ini datang saja ke gerainya langsung di Jl. Dalem KG III/978 Purbayan, Kotagede, Yogyakarta. Gerai ini juga memberikan keleluasaan pada pengunjung untuk dapat melihat langsung proses pembuatan dari cokelat monggo itu sendiri. Cokelat Monggo ini berbahan dasar premium dark chocolate dan memiliki berbagai macam varian rasa seperti white chocolate, macademia, marzipan, dan rasa vanila bahkan adapula rasa buah buahan seperti durian hingga mangga. Untuk harganya sendiri berkisar Rp.29 ribu hingga Rp.100 ribu per satu kemasannya.

  13. Bakpia


  14. Oleh oleh khas Jogja satu ini memang terbilang cukup unik, karena menggunakan hewan jenis belalang sebagai bahan utamanya. Selain karena populasinya yang begitu banyak belalang juga merupakan salah satu jenis hama yang dapat merusak tanaman para petani seperti padi. Jajanan yang hanya di olah dengan cara di goreng dalam jumlah banyak ini memiliki rasa yang tak kalah dengan oleh oleh khas Jogja lainnya. Selain dari rasanya yang enak menyerupai rasa daging ayam atau udang kandungan belalang juga rendah kolesterol dan memiliki kandunganprotein yang cukup banyak berkisar 60%.

    Tetapi tidak semua jenis belalang dapat di konsumsi belalang yang memiliki ukuran besarlah yang dapat di olah menjadi jajanan khas seperti belalang kayu. Dan harganya sendiri cukup murah kisaran Rp20.000 hingga Rp30.000 per kemasan harga ini tidak menentu tergantung pada musim. Anda juga dapat melakukan tawar menawar dalam pembelian belalang goreng ini, hal ini bisa Anda lakukan di pasar Argosari, pasar Playen dan pasar Paliyan.



Demikianlah 7 Oleh Oleh Khas Jogja Yang Terkenal Enak Dan Murah yang telah kita bahas, jika ada kekurangan ataupun kesalahan dalam penulisan kami segenap tim KetStar mohon maaf. Semoga bermanfaat dan Terima kasih.

Show comments
Hide comments

6 Responses to "7 Oleh Oleh Khas Jogja Yang Terkenal Enak Dan Murah"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel