7 Tempat Wisata Paling Eksotis Di Indonesia


7 Tempat Wisata Paling Eksotis Di Indonesia - Berbicara tentang tempat wisata paling eksotis di Indonesia, pasti Anda semua sudah tau dengan beberapa di antaranya. Bali, ya siapa yang tak kenal dengan tempat wisata paling eksotis yang satu ini tak hanya wisatawan lokal saja yang mengenalnya bahkan wisatawan asing pun sangat ingin mendatanginya. Hal ini dikarenakan indonesia dikenal sebagai negara kepulauan yang memiliki berbagai hamparan pasir pantai yang eksotis dan tentu saja indah.

Indonesia sebenarnya memiliki berbagai tempat wisata paling eksotis lainnya yang tidak hanya menyuguhkan keindahan pasir pantainya ada juga yang menyajikan keindahan pegunungan, perbukitan maupun keunikan danaunya bahkan yang kaya akan kebudayaannya. Hal itu pula yang menjadikan Indonesia masuk dalam peringkat 9 The World Travel & Tourism Council (WTTC). Sebab itulah yang menjadikan Indonesia nomor satu di antara negara negara asia tenggara yang memiliki tempat wisata paling eksotis.

Karena itulah kali ini kita akan membahas 7 tempat wisata paling eksotis di Indonesia mulai dari sabang sampai marauke dari miangas sampai pulau rote. Sebagai warganegara yang baik marilah kita mempromosikan, merawat dan tentu saja menjaga tempat wisata yang eksotis itu. Karena kalau bukan kita siapa lagi, turis mancanegara saja mau mengunjungi tempat wisata paling eksotis di Indonesia masa kita yang asli orang Indonesia tidak mau.

Daftar Tempat Wisata Paling Eksotis Di Indonesia

Yuk lah mari langsung saja kita ulik beberapa tempat wisata paling eksotis di Indonesia. Ini dia beberapa di antaranya.

  1. Danau Toba, Sumatera Utara


  2. Danau Toba adalah sebuah danau alami yang berukuran besar yang ada di Indonesia yang berada di kaldera Gunung Berapi Super yang terletak di Sumatera Utara, Indonesia. Danau Toba memiliki lebar 30 kilometer (19 mi), panjang 100 kilometer (62 mil), dan dengan kedalaman kurang lebih 1600 meter (5200 ft). Cukup luas bukan hal inilah yang menjadikan danau toba sebagai danau terbesar di Indonesia dan danau vulkanik terbesar di dunia. Danau Toba sendiri terbentuk karena letusan gunung berapi super dengan kekuatan letusan hingga VEI 8 yang terjadi pada 69.000 sampai 77.000 tahun yang lalu.

    Menurut Teori Bencana Toba dampak dari letusan tersebut telah menewaskan sebagian besar manusia yang hidup kala itu dan diyakini letusan tersebutlah yang menyebabkan penyusutan populasi di muka bumi terutama di daerah Afrika timur tengah dan India. Hal ini di perkuat karena adanya temuan endapan debu letusan Toba di Danau Malawi, Afrika Tengah oleh para ilmuwan yang melakukan penelitian lanjutan.

    Danau Toba memiliki sebuah pulau yang berada di tengahnya yang bernama pulau samosir, hal ini menjadi salah satu keunikan Danau Toba sendiri. Sekarang ini Danau Toba sudah dikembangkan oleh pemerintah untuk di jadikan salah satu tempat wisata yang eksotis dan menarik untuk di kunjungi.

  3. Pulau Weh, Sabang


  4. Pulau Weh sendiri awalnya merupakan bagian dari Pulau Sumatra, namun setelah meletusnya gunung berapi terakhir kali telah membuat pulau Weh terpisah dari pulau sumatera pada zaman Pleistosen. Pulau ini terletak di Laut Andaman, kota sabang merupakan kota terbesar yang berada di dalam pulau Weh. Di pulau weh terdapat beragam terumbu karang yang diketahui sebagai habitat dari berbagai jenis spesies ikan dan kita juga dapat menjumpai ikan hiu bermulut besar (Megachasma pelagios) yang populasinya sangat sedikit di dunia.

    pulau ini merupakan satu-satunya habitat asli dari Bufo valhallae (genus Bufo) katak yang statusnya terancam punah. Walaupun hanya memiliki luas 120,7 km², tetapi terdapat banyak pegunungan di pulau ini. Pulau Weh memiliki puncak tertinggi yaitu sebuah gunung berapi fumarolik yang tingginya 617 meter (2024 kaki) di atas permukaan laut. Hal inilah yang menjadikan Pulau Weh sebagai salah satu tempat wisata paling eksotis di Indonesia.

  5. Baluran, Jawa Timur


  6. Baluran merupakan salah satu Taman Nasional Indonesia yang terletak di antara wilayah Banyuwangi, Banyuputih dan Wongsorejo, Situbondo, Jawa Timur, Indonesia. Namanya sendiri diambil dari nama gunung yang berada di daerah tersebut, yaitu Gunung Baluran. Kenapa daerah ini dijadikan Taman Nasional, karena kawasan ini memiliki ekosistem asli yang menjadi habitat dari hewan hewan liar seperti rusa, kerbau, gajah bahkan Macan tutul pun juga ada. Dan 40 persen dari total luas daerah baluran merupakan tipe vegetasi sabana.

    Keindahan kawasan ini sudah di kenal sejak dulu yaitu pada tahun 1928 oleh seorang pemburu yang berasal dari belanda yang bernama AH. Loedeboer ia meyakini bahwa kawasan ini mempunyai nilai yang sangat penting untuk perlindungan satwa. Kawasan Baluran sendiri memiliki berbagai macam jenis tumbuhan khas di antara lain, Widoro bukol (Ziziphus rotundifolia),Pilang (Acacia leucophloea), Mimba (Azadirachta indica) dan masih banyak jenis vegetasi lainnya.

  7. Pulau Komodo, NTT


  8. Pulau Komodo dikenal sebagai habitat asli dari hewan yang hidup dari jaman pra sejarah yaitu Komodo yang terletak di wilayah Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Saat ini ada sekitar 1300 ekor komodo yang tercatat berada di Pulau ini yang sekarang sudah di tetapkan sebagai Taman Nasional oleh pemerintah. Selain terdapat hewan komodo di pulau ini juga terdapat beragam eksotisme flora seperti pohon nitak, pohon kayu sepang dan banyak lainnya. Pulau Komodo sendiri sudah di tetapkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO.

    Selain menikmati keunikan dari komodo sendiri pengunjung juga di suguhi keindahan savana maupun panorama bawah laut yang dapat kita nikmati dengan cara snorkling, diving dan lainnya. Karena di pulau komodo juga terdapat beragam jenis terumbu karang yang menjadi habitat hewan hewan air ekostis

  9. Goa Gong, Jawa Timur


  10. Apa yang terbesit di benak Anda ketika mendengar kata gua? Pasti tentu saja gelap dan seram atupun penuh dengan mistis. Tapi tenang saja kali ini kita akan membahas tentang Goa Gong yang eksotis. Goa yang terletak di daerah pacitan, jawa timur ini memiliki beragam formasi stalaktit dan stalakmit yang begitu eksotis. Ya seperti namanya goa ini di beri nama gong dikarenakan ada sebuah batu yang berada di dalam goa tersebut yang apabila batu tersebut di pukul maka akan mengeluarkan suara seperti bunyi gong.

    Dengan lorong goa sepanjang 256 meter yang di penuhi dengan stalaktit dan stalakmit yang eksotis Anda dapat menyusurinya dengan tenang dikarenakan terdapat penerangan yang cukup. Dan terdapat ruangan berbentuk kubah dengan lebar 30 sampai 40 meter dan memiliki tinggi 30 meter yang akan memanjakan mata Anda. Hal ini pula yang menjadikan Goa Gong sebagai salah satu goa terindah di asia tenggara.

  11. Danau Gunung Tujuh, Jambi


  12. Danau Gunung Tujuh merupakan sebuah danau yang berada di kawasan gunung tujuh yang terletak di Kabupaten Kerinci, Jambi. Dan gunung tujuh sendiri termasuk dalam Taman Nasional Kerinci Seblat yang merupakan Situs Warisan Dunia UNESCO. Danau Gunung Tujuh ini bisa dijadikan pertimbangan sebagai tujuan wisata Anda. Karena selain memiliki panorama alam yang menakjubkan, kawasan ini juga memiliki berbagai jenis tumbuhan liar.

    Danau gunung tujuh terletak pada ketinggian 1.950 meter di atas permukaan laut, karena itulah danau ini di sebut sebagai salah satu danau tertinggi di Indonesia. Bisa Anda bayangkan betapa dinginnya suhu air di Danau Gunung Tujuh ini yang memiliki ketinggian hampir 2 km di atas permukaan laut.

  13. Danau Sentani, Papua


  14. Danau yang berada di bawah kaki lereng Pegunungan Cagar Alam Cyclops memiliki luas kurang lebih 245.000 hektar yang terbentang antara Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura, Papua. Kata sentani sendiri berarti "di sini kami tinggal dengan damai" dan didalamnya terdapat beberapa pulau pulau kecil yang menghiasi danau ini. Di dalam Danau Sentani terdapat berbagai macam spesies ikan yang empat di antaranya merupakan satwa asli Danau Sentani sendiri yaitu ikan ikan pelangi Sentani (Chilatherina sentaniensis), ikan pelangi merah (Glossolepis incisus), gabus Danau Sentani (Oxyeleotris heterodon) dan hiu gergaji (Pristis microdon).

    Selain itu Danau Sentani juga mengadakan festival yang di lakukan setiap tahunnya di pertengahan juni yang di isi dengan tarian-tarian adat di atas perahu, upacara adat seperti penobatan Ondoafi, tarian perang khas Papua, dan sajian berbagai kuliner khas Papua. Hal inilah yang menjadikan Danau Sentani sebagai salah satu tempat wisata paling eksotis di Indonesia selain dari kekayaan baharinya Danau Sentani juga memiliki kekayaan budayanya.


Sebenernya masih banyak lagi tempat wisata paling eksotis di Indonesia tetapi apalah daya waktu harus memisahkan kita. Yah jadi demikianlah ulasan kami tentang 7 Tempat Wisata Paling Eksotis Di Indonesia, Semoga bermanfaat dan Terima kasih. Jangan lupa dikunjungi dan mari kita lestarikan kekayaan alam Indonesia.

Show comments
Hide comments

0 Response to "7 Tempat Wisata Paling Eksotis Di Indonesia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel