7 Jenis Ikan Hias Air Tawar Terindah Yang Cocok Dipelihara


Jenis Ikan Hias Air Tawar Terindah - Tentu tidak asing lagi ketika kita mendengar kata ikan hias, ikan hias merupakan salah satu jenis hewan yang biasa di pelihara oleh pecinta hewan. Selain dari perawatannya yang mudah dan tidak memakan banyak tempat ikan hias memiliki beberapa variasi mulai dari ikan hias air tawar sampai ikan hias air asin. Nah kali ini kita akan membahas beberapa jenis ikan hias air tawar terindah dan terpopuler di kalangan pecinta ikan hias selain dari perawatannya yang mudah ikan hias air tawar juga banyak di jumpai di negara kita ini.




Di Indonesia sendiri terdapat berbagai macam ikan hias air tawar yang sangat indah dan mudah di temui bahkan ikan hias air tawar sudah menjadi komoditas ekspor. Karena ikan hias air tawar tidak hanya di jadikan peliharaan yang mempercantik sudut rumah kita, ikan hias air tawar ini juga banyak di budidayakan oleh para pecinta hewan di indonesia karena memiliki harga jual yang tinggi. Bukan kah menguntungkan mulai dari hobi bisa menjadi peluang usaha yang menggiurkan, nah sekarang mari kita bahas beberapa jenis ikan hias air tawar terindah dan terpopuler di kalangan pecinta ikan hias.

Jenis Ikan Hias Air Tawar Terindah Dan Terpopuler

Apakah Anda siap memelihara atau bahkan membudidayakan beberapa dari jenis ikan hias air tawar terindah dan terpopuler ini.

  1. Ikan Arwana


  2. Siapa yang tak kenal dengan ikan arwana, ikan yang satu ini merupakan salah satu jenis ikan hias air tawar terpopuler bagi para pecinta ikan hias. Ikan arwana sendiri memiliki nama latin Scleropages formosus dan sering juga disebut dengan ikan naga (dragon fish), saratoga, barramundi, pla tapad, siluk, kayangan, peyang, kelesa, tangkelese atau arowana.

    Ikan arwana memiliki bentuk yang indah dan unik, bentuknya yang panjang dan ramping mirip dengan pisau. Selain itu, ikan cantik ini juga mempunyai ciri khas tersendiri, yaitu dua buah sungut yang berada di bibir bawahnya dan ikan ini juga memiliki varian warna yang sangat mempesona. Sungut tersebut berguna sebagai sensor getar untuk mengetahui posisi mangsa ataupun musuhnya.

    Ikan arwana sendiri memiliki beberapa jenis seperti Ikan Arwana Super Platinum, Ikan Arwana Super Red, Ikan Arwana Banjar Red, sampai Ikan Awana Irian. Ikan arwana pun mememiliki nilai jual yang sangat tinggi mulai dari yang paling murah berkisar 150.000 sampai yang termahal dapat di bandrol hingga 100 juta-an.

    Untuk lebih lengkapnya baca Artikel ini : Jenis-Jenis Ikan Arwana.

  3. Ikan Koi


  4. Ikan hias air tawar yang berasal dari jepang ini memiliki arti Ikan Kerper. Di Jepang sendiri ikan koi menjadi semacam simbol cinta dan persahabatan ini dikarenakan kata "Koi" juga merupakan homofon untuk kata lain yang juga bermakna kasih sayang atau cinta. Ikan koi biasanya dipelihara sebagai hiasan dengan tujuan keindahan dan keberuntungan, karena ikan koi juga dipercaya membawa keberuntungan bagi sang pemilik.

    Ikan koi sendiri tergolong hewan yang omnivora, Berbeda dengan jenis ikan hias lainnya. Seperti ikan cupang pemakan jentik atau casut jadi sebenarnya kita tidak akan sulit untuk mencari pakan yang berkualitas untuk ikan hias yang satu ini. Namun untuk merawat ikan koi bisa dibilang tak mudah, diperlukan waktu serta penanganan khusus. Wajar saja perlu penanganan istimewa, karena ikan ini harganya cukup mahal dibandingkan ikan hias jenis lain. Apalagi koi yang diimport langsung dari Jepang, untuk ukuran 10-20cm saja harganya sekitar sejuta ke atas per ekornya.

    Nah untuk harganya ikan koi juga terbilang cukup mahal. Ikan koi bisa di banderol hingga 1.000.000 an tapi tenang aja masih banyak juga ikan koi yang memiliki harga terjangkau.

  5. Ikan Diskus


  6. Apakah Anda baru mengenal ikan hias air tawar jenis ini, ya memang ikan hias air tawar jenis ini cukup jarang kita temui di toko ikan maupun di tempat para pembudidaya ikan hias. Ikan Diskus berasal dari sungai amazon, cukup jauh bukan. Namun karena pesatnya permintaan ikan diskus ini tidak sedikit juga para pembudidaya ikan hias air tawar yang memulai membudidayakannya.

    Ikan diskus pertama kali dikenalkan pada tahun 1840 oleh Dr. Heckel dengan nama Symphysodon discus, dikarenakan bentuk tubuhnya yang mirip dengan disket komputer. Karena ke unikan tubuhnya itulah yang menjadikan ikan diskus populer di kalangan pecinta ikan hias. Sedangkan untuk harganya sendiri ikan diskus ini terbilang cukup murah mulai dari Rp 50.000 per ekor untuk anakannya.

    Sedangkan untuk harga ikan diskus dewasanya di banderol dengan harga Rp 150.000 per ekor.

  7. Ikan Mas Koki


  8. Di karenakan harga ikan mas koki cukup terjangkau maka tidak sedikit para pecinta ikan hias yang memeliharanya dan perawatannya terbilang sangat mudah. Di indonesia sendiri ada kurang lebih 20 jenis ikan mas koki terpopuler yang biasa di pelihara para pecinta ikan hias. Tetapi ada juga jenis ikan mas koki yang sulit di budidayakan itu dikarenakan daya tahan tubuhnya yang cukup rentan dengan cuacai di indonesia.

    Nah untuk Anda para pemula yang ingin memelihara ataupun membudidayakan ikan ini maka Anda tidak perlu ragu dan carilah jenis ikan mas koki yang mudah di pelihara serta memiliki daya tahan tubuh yang tinggi. Dan untuk masalah harga ikan mas koki biasa di bandrol kisaran Rp 20.000. – Rp 1.000.000 ini tergantung dari jenis dan kelangkaan ikan mas koki tersebut.

  9. Ikan Louhan


  10. Ikan Louhan merupakan salah satu ikan hias air tawar terindah dan terpopuler yang dipelihara di dalam akuarium hal itu dikarenakan warna sisik mereka yang terlihat hidup serta memiliki benjolan kepala yang berbentuk khas berjuluk "benjol kelam". Aslinya ikan louhan hanya berhabitat di Malaysia dan Taiwan, namun saat ini banyak dipelihara atupun di budidayakan oleh pecinta ikan hias di seluruh dunia.

    Dahi yang sedikit menonjol dan ekor panjang ikan ini sangat berharga bagi masyarakat Taiwan karena di percaya sebagai tanda pembawa keberuntungan. Maka tak heran ikan louhan disebut sebagai primadona para pecinta ikan hias.

    Ikan louhan sendiri memiliki harga jual yang tinggi yang berkisar Rp650.000 per ekor itu pun hanya untuk anakannya sedangkan untuk dewasa ikan ini dapat di bandrol hingga juta-an dan salah satu jenis ikan louhan termahal adalah Ikan Louhan jenis Kamfa yang memiliki harga sampai 3.500.000 per ekor.

  11. Ikan Cupang


  12. Yah siapa yang tak kenal dengan jenis ikan air tawar yang satu ini. Ikan Cupang (Betta sp.) adalah ikan air tawar yang habitat aslinya berada di beberapa negara Asia Tenggara antara lain Indonesia, Thailand, Malaysia, Brunei Darussalam, dan Vietnam. Di Indonesia sendiri ikan ini memiliki habitat asli di daerah Pampang, Kalimantan timur. Ikan yang memiliki sifat agresif ini memiliki keindahan pada bentuk tubuh dan warnanya hal inilah yang menjadikan ikan cupang salah satu ikan hias air tawar paling populer di kalangan pecinta ikan hias.

    Dan juga dikarenakan ikan ini yang tahan banting atau daya tahan tubuhnya yang kuat. Ikan cupang dapat di tempatkan di dalam wadah yang memiliki volume air sedikit dan tanpa alat sirkulasi udara. selain dari daya tahan tubuhnya yang kuat ikan cupang juga memiliki warna yang sangat indah beberapa warna ikan cupang yang paling banyak di cari antara lain kombinasi emerand seperti kuning, biru dan merah.

    Bentuk sirip dan ekor menjumbai panjang, struktur tulang sirip dan ekor menunjukkan bentuk yang khas juga menjadi salah satu faktor ikan cupang menjadi primadona. Dan untuk harganya sendiri ikan cupang memiliki harga kisaran 15.000 - 300.000 an per ekor.

  13. Ikan Komet


  14. Ikan hias air tawar yang biasa di banderol kisaran 5.000 - 60.000 ini terbilang cukup populer di kalangan pecinta ikan hias. Selain dari harganya yang terjangkau ikan komet juga memiliki beberapa ciri khas, yaitu pola yang khas dan warna yang unik. Ikan komet yang memiliki nama ilmiah Carrasius auratus ini juga masih satu family dengan ikan mas. Ikan yang biasa hidup di air dengan kedalam hingga 20 meter memiliki sifat yang sangat tenang sehingga cocok di pelihara.



Sebenarnya masih banyak lagi jenis ikan hias air tawar terindah dan terpopuler di kalangan pecinta ikan hias. Namun tadi itulah 7 Jenis Ikan Hias Air Tawar Terindah Dan Terpopuler Di Kalangan Pecinta Ikan Hias yang telah kita bahas dalam artikel ini, saya harap ulasan kami bermanfaat bagi Anda.
Show comments
Hide comments

0 Response to "7 Jenis Ikan Hias Air Tawar Terindah Yang Cocok Dipelihara"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel